Wednesday 6 March 2013

Belajar Bahasa Thailand


Belajar Bahasa Thailand - Aneh memang,namun siapa sangka jika suatu saat nanti anda berkesempatan untuk mengunjungi negeri Thailand yang lebih dikenal dengan julukan negeri gajah putih ini.Selain panorama wisata yang bermacam-macam tentu hal pertama dan terpenting buat kita adalah belajar bahasa thailand terlebih dahulu agar komunikasi tidak terlalu menjadi hambatan utama.

Selain belajar bahasa thailand kita juga hendaknya mengetahui sedikit tradisi maupun adat isitiadat salah satu negara tetangga di wilayah Asean ini.Oke, mari langsung aja kita simak yang berikut ini da jangan lupa untuk menghafalkannya.

Belajar Bahasa Thailand


SALAM/SAPA

Selamat pagi/siang/sore/malam/Halo = Sawasdi khap/kha (Khap diucapkan laki-laki, kha diucapan wanita)

Selamat malam (berpisah di malam hari) = Ratri Sawad

Apa kabar? = Sabaidi mai?

Kabar baik = Sabaidi

Siapa namamu? = Khun cheu arai?

Namaku Budi = Pum cheu Budi khap (diucapkan oleh laki-laki)

Namaku Yanti = Dichan cheu Yanti kha (diucapkan oleh perempuan)

Senang berkenalan denganmu = Di jai ti dai pob khun

Selamat tinggal. sampai jumpa = La jeu gan. Pob gan mai na

Apakah kamu pak Budi = Khun cheu Khun Budi chai mai?

(Khun = kamu = Pak = Bu)

Terimakasih = Khawp khun khap (diucapkan laki-laki)

Terimakasih = Khawp khun kha (diucapkan perempuan)

Maaf = khor thot khap/kha

Ya = Chai

Tidak = Mai Chai

Good luck = chok di

TANYA TEMPAT ASAL/TEMPAT TINGGAL

Kamu berasal darimana = Khun ma cak ti nai?

Saya berasal dari Indonesia = Pum/dichan ma cak Indonesia.

(Pum diucapkan oleh laki-laki, dichan diucapkan oleh perempuan)

Kamu tinggal di mana? = Khun yu ti nai?

Saya tinggal di Bangkok = Pum/dichan yu nai Bangkok.

Saya tinggal di Jalan Sukhumvit = Pum/dichan yu Thanon Sukhumvit

TANYA BAHASA

Kamu bisa bicara Thai = Khun put pasa Tai dai mai?

Kamu bisa bicara Inggris = Khun put pasa Angkrit dai mai?

Saya bisa bicara Thai = Pum/dichan put pasa Thai dai.

Saya tidak bisa bicara Thai = Pum/dichan put pasa Thai mai dai.

Saya bisa bicara Thai sedikit = Pum/dichan put pasa Thai nit noi

TAHU/TIDAK TAHU

Kamu tahu? = Khun roo mai?

Kamu mengerti? = Khun mai kojai?

Saya tahu = Pum/dichan roo

Saya mengerti = Pum/dichan kaojai.

Saya tidak tahu = Pum/dichan mai roo

Saya tidak mengerti = Pum/dichan mai kaojai.

Tolong diulang : Put ik ti si

Tolong bicara pelan-pelan = karuna put cha-cha

DI MANA? KEMANA?

Toiletnya di mana? = Hong nam yu ti nai?

Hotelnya di mana? = Rong raem yu ti nai?

Stasiunnya di mana? = Satanirotfai yu ti nai?

Lurus, belok kanan = Trong bai, gwar!

Lurus, belok kiri = Trong bai, sai!

Mau ke mana = Bai nai?

Mau ke situ lho = Bai ti ow

Mau ke Wat Arun = Yak bai Wat Arun

ROMANTIS

Aku cinta kamu = Pum/dichan rak khun

Aku tidak cinta kamu = Pum/dichan rak khun mai

Kamu cinta aku ? = Khun rak pum/dichan mai?

Aku rindu kamu = Pum/dichan kitteung khun

Bolehkah aku menciummu? = Joop dai mai?

BILANGAN

0 = soon

1 = neung

2 = song

3 = sam

4 = si

5 = ha 

6 = hok

7 = jed

8 = bed

9 = gao

10 = sib

11 = sib et

12 = sib song

13 = sib sam

20 = yi sib

21 = yi sib et

25 = yi sib ha

30 = sam sib

31 = sam sib et

36 = sam sib hok

40 = si sib

50 = ha sib

60 = hok sib

70 = jed sib

80 = bed sib

90 = gao sib

100 = neung roi

101 = neung roi neung

110 = neung roi sib

150 = neung roi ha sib

580 = har roi bed sib

987 = gao roi bed sib jed

1000 = neung pan,

dst


TANYA HARGA/TAWAR MENAWAR

Ini berapa harganya = Ani gi baht?

Ini 125 baht = Ani neung roi ha sib baht.

Terlalu mahal. Boleh kurang? = Peng bai. Lot noi dai mai?

Boleh = Dai!

Tidak boleh = Mai dai

MAU/AKAN/INGIN/SUDAH

Saya mau makan mi goreng = Pum/dichan yak gin pad thai

Saya mau minum cocacoa = Pum/dichan yak deum cocacola

Saya mau pergi ke bandara = Pum/dichan yak bai sanambin

Saya sudah makan = Pum/dichan gin laew

Saya sudah minum = Pum/dichan deum laew

Segini dulu. Lain kali disambung lagi... 

Adakah yang bisa menerjemahkan PR di bawah ini :

Anda : Tuk-tuk, bai satanirotfai gi baht?

Sopir tuk-tuk : Song roi ha sib baht.

Anda : Peng bai, neung roi jed sib baht dai mai?

Sopir tuktuk : Mai dai. Song roi baht.

Anda : Chai!

Mungkin sedikit kosakata yang kita persembahkan diatas akan bisa menolong siapapun dari teman-teman yang akan berencana mengunjungi negeri dengan seribu keunikannya itu.Tetap semangat dan jangan lupa untuk membeli kamus sebagai pelengkap dan penunjang belajar bahasa thailand anda.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments:

Post a Comment